BRSAMPK ANTASENA MAGELANG - SINERGI ANTARA TRC KEMENSOS RI PUSAT & TRC KEMENSOS RI ANTASENA MAGELANG


SINERGI ANTARA TRC KEMENSOS RI PUSAT & TRC KEMENSOS RI ANTASENA MAGELANG
Tanggal: Senin, 07 November 2011
Topik: Berita


Ibu Tuminah, TKI terlantar yang berhasil direunifikasi dengan keluarganya setelah berpisah selama 13 tahun.


Klaten, Jawa tengah.  Waktu saat itu menunjukkan sekitar pukul 22.00, sebuah mobil berwarna biru muda dengan logo Kementerian Sosial RI dan bertuliskan PSMP ANTASENA MAGELANG disamping kiri kanannya menyusuri jalan-jalan sempit di desa Bono, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, ketika sampai pada sebuah rumah semi permanen mobil tersebut akhirnya berhenti.  Didepan rumah itu sudah berkumpul beberapa orang yang memang sudah menunggu kedatangannya.  Tidak lama kemudian dari mobil tersebut keluar beberapa orang berseragam hitam yang kemudian membuka pintu belakang dan membantu menurunkan seorang ibu ibu setengah baya diatas kursi roda.  Ketika kursi roda itu menyentuh tanah seketika itu juga sebuah keharuan terjadi.... diringi gema takbir yang memang saat itu bertepatan dengan malam Iedul Adha, seorang ibu yang telah berpisah selama 13 tahun dipertemukan kembali dengan keluarganya.

 



Tuminah yang saat ini berusia 48 tahun meninggalkan keluarganya pada tahun 1998 dan menjadi TKW di malaysia dengan menjadi pembantu rumah tangga.  selama beberapa tahun menjadi prt Tuminah sudah beberapa kali berganti keluarga sampai akhirnya ditelantarkan oleh keluarga majikannya yang terakhir.   Beberapa bulan Tuminah hidup menggelandang dan pulang ke pekanbaru sebelum akhirnya Tuminah terjatuh dan menderita stroke.  Atas kebaikan hati sebuah keluarga, Tuminah sempat mendapatkan perawatan di sebuah rumah sakit, namun karena mahalnya biaya perawatan akhirnya keluarga tersebut menyerahkan Tuminah ke Dinas Sosial Provinsi Riau.

Dinas Sosial Prov Riau kemudian meneruskan kasus ini ke TRC KEMENSOS RI yang kemudian menurunkan TIM yang terdiri dari 2 orang, yatu Benny dan Lusi untuk menelusuri keberadaan keluarga Tuminah.  Setelah didapat alamat keluarganya, TRC KEMENSOS RI berkoordinasi dan berintegrasi dengan TRC KEMENSOS RI ANTASENA Magelang untuk menyiapkan semua keperluan proses reunifikasi ini. 

Tanggal 5 November pukul 20.00 Tim TRC KEMENSOS RI PSMP ANTASENA MAGELANG yang terdiri dari dua orang, yaitu Adhi dan Timbul sudah bersiap di Bandara Adi Sucipto, Jogjakarta, untuk menjemput dan mengantarkan Tuminah ke keluarganya di Desa Bono, Kecamatan Tulung, Kab. Klaten.  Bersama rombongan penjemput terdapat juga perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Jogjakarta.

     







Artikel dari BRSAMPK ANTASENA MAGELANG
http://antasena.kemsos.go.id

URL:
http://antasena.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=article&sid=18