BRSAMPK ANTASENA MAGELANG - Content

Welcome to BRSAMPK ANTASENA MAGELANG!

     Profil
· Profil Antasena
· Sasaran Layanan
· Visi dan Misi
· Program Layanan
· Struktur Organisasi
· Prosedur Penerimaan
· Layanan Informasi
· Sarana dan Prasarana

     Menu Utama
· Depan
· Akun Anda
· Arsip Berita
· Downloads
· Gallery
· Kirim Berita
· Kontak
· Search
· Top 10
· Topics
· Web Links

Profil

Profil Antasena
Profile Antasena



SEJARAH LEMBAGA

BRSAMPK (Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus) "Antasena" di Magelang merupakan Unit PelaksanaTeknis (UPT) di bidang rehabilitasi sosial anak yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial.

Dibangun tahun 1982 melalui Proyek Bantuan & Pengentasan ANKN Kanwil Departemen Sosial Provinsi Jawa Tengah dengan nama Sasana Rehabilitasi Anak Nakal (SRAN) “Among Putro” dan diresmikan olah Menteri Sosial Sapardjo pada tanggal 30 April 1982 dan mulai operasional bulan Agustus 1982.  Berdasarkan Keputusan Menteri Sosial R.I. No. 6/HUK/1994, tanggal 5 Februari 1994 berganti nama menjadi PSMP “Antasena” Magelang.  Berdasarkan KepMenSos No. 22 Tahun 1995, PSMP “Antasena” Magelang meningkat statusnya dari tipe C menjadi tipe A.

Sejak tanggal 1 juni 2000 status PSMP “Antasena” Magelang beralih dari UPT Kantor Wilayah Departemen Sosial Jawa Tengah menjadi UPT Badan Kesejahteraan Sosial Nasional (BKSN).

Pada tanggal 1 Juli 2001 beralih menjadi UPT Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia.  Sejalan dengan KepMenSos No. 6/HUK/2001 tanggal 26 Oktober 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Sosial, ststus PSMP “Antasena” Magelang beralih menjadi UPT Departemen Sosial Republik Indonesia dan pada tahun 2004 meningkat eselonnya dari eselon IIIb menjadi IIIa, sesuai dengan KepMenSos No. 59/HUK/2003.Sehubungan dengan disahkannya Undang-undang No. 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara dan Peraturan Presiden No. 47 tahun 2009 tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara dan sesuai Surat dari Sekretaris Jenderal No. 1502/SJ-Orpeg/XII/2009 tanggal 30 Desember 2009, Departemen Sosial berganti nama menjadi Kementerian Sosial.
Tanggal 1 Januari 2019 berubah nomenklatur menjadi BRSAMPK (Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus) "Antasena" di Magelang berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 17 Tahun 2018.


TUGAS DAN FUNGSI
a. Tugas
    BRSAMPK "Antasena" di Magelang mempunyai tugas melaksanakan rehabilitasi sosial kepada Anak Yang Memerlukan Perlindungan            Khusus.

b. Fungsi
    1) Penyususnan rencana program, evaluasi dan pelaporan
    2) Pelaksanaan registrasi dan assesmen Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
    3) Pelaksanaan rehabilitasi sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
    4) Pelaksanaan advokasi sosial
    5) Pelaksanaan terminasi, pemantauan dan evaluasi pada Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
    6) Pemetaan data dan informasi Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus
    7) Pelaksanaan urusan tata usaha


SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
a. Pejabat Struktural (Kepala Balai, Kasubbag Tata Usaha, Kasi Layanan Rehabilitasi Sosial, Kasi Assesmen dan Advokasi Sosial)
b. Jabatan Fungsional (Pekerja Sosial, Penyuluh Sosial, Arsiparis, Pranata Komputer, Perencana, Instruktur)
c. Konsultan (Dokter, Psikolog)
d. Jabatan Pelaksana (Pengadministrasi, Fasilitator, Penata Gizi, Petugas, Perpustakaan, Pramu Bhakti, Perawat)

WILAYAH KERJA
Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kalimantan Barat

















[ Kembali ]